Sebelum Memilih antara Asuransi Mobil All Risk atau TLO

Pada umumnya, perusahaan asuransi mobil menawarkan dua jenis asuransi kendaraan pada nasabah mereka, yaitu all risk (comprehensive) dan total lost only atau sering disingkat TLO. Dua jenis asuransi mobil memiliki perbedaan yang cukup signifikan bila dilihat dari segi perlindungan di mana asuransi mobil all risk akan menjamin biaya perbaikan dan ganti rugi apabila kendaraan mengalami kerusakan ringan maupun berat. Sedangkan untuk asuransi kendaraan TLO hanya memberikan biaya perbaikan dan ganti rugi bila kendaraan mengalami kerusakan berat yang mencapai 75 persen. Meskipun berbeda, setiap nasabah punya pendapat dan pandangan masing-masing mengenai kedua jenis asuransi ini. Apabila Anda tertarik untuk mengasuransikan kendaraan roda empat Anda tapi belum menentukan mana jenis asuransi yang akan dipilih, sebaiknya lakukan hal-hal berikut:

Cek jumlah premi dari setiap jenis asuransi kendaraan tersebut

Perlu diketahui bahwa jumlah premi untuk asuransi mobil comprehensive dan juga total lost only berbeda satu sama lain. Pada umumnya, estimasi untuk premi asuransi mobil all risk adalah 2,5-3 juta rupiah atau bahkan lebih per tahunnya. Sedangkan untuk asuransi kendaraan TLO, estimasi jumlah preminya adalah 600 ribu-1 juta rupiah atau lebih per tahunnya. Mengapa berbeda? TLO hanya memberikan perlindungan dan ganti rugi terhadap mobil dengan kerusakan berat saja, sedangkan all risk mencakup kerugiaan ringan dan juga berat. Di samping itu, jumlah premi juga tergantung dari tahun keluaran mobil dan jenis mobil itu sendiri. Bila Anda memiliki mobil sport dengan mereklamborgini, ferarri, dan lain sebagainya, jelas premi yang dibayar akan jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan mobil keluarga atau mobil untuk mengangkut barang.

Ketahui layanan dan perlindungan tambahan

Pada umumnya layanan yang diberikan untuk kedua jenis asuransi kendaraan ini sama. Adapun beberapa layanan yang didapat adalah mobil pengganti selama 3-5 hari, mobil derek, mobil ambulan, antar jemput mobil ke bengkel, layanan untuk mobil bermasalah di jalan, klaim di rumah atau kantor, dang anti rugi berupa mobil baru ketika mobil hilang.Meskipun demikian, perbedaan terjadi padaketetapan dan kebijakan dari perusahaan asuransi yang mana ada perusahaan yang hanya menyediakan layanan tertentu saja dan ada pula perusahaan yang memberikan layanan full. Oleh karena itu, disarankan untuk mengetahui dulu dan kemudian membandingkan jenis servis yang bisa didapatkan bila membeli asuransi di perusahaan ini atau perusahaan itu.

Di sisi lain, perlindungan tambahan (perluasan) pun saat ini sudah sama baik untuk asuransi mobil all risk maupun total lost only. Ya, perusahaan asuransi pada umumnya akan memberikan perlindungan tambahan dari banjir, kebakaran, huru-hara, terorisme, dan lain sebagainya. Namun, seperti yang dikatakan sebelumnya bahwasannya disarankan untuk mencari tahu terlebih dahulu mengenai hal ini karena setiap perusahaan asuransi memiliki ketentuan dan ketetapan yang berbeda-beda.

Cari tahu prosedur klaim dari kedua jenis asuransi tersebut

Mau jenis asuransinya TLO maupun comprehensive, prosedur klaimnya terbilang sama. Anda harus mengisi formulir klaim terlebih dahulu, kemudian melengkapi sejumlah berkas, seperti surat keterangan dari kepolisian, surat keterangan sakit dari dokter (bila nasabah mengalami luka dan cedera dan dirawat di rumah sakit), foto kendaraan, rekaman kejadian (bila ada), polis asuransi, dan surat-surat kendaraan lengkap. Mungkin yang membedakan adalah lamanya proses persetujuan klaim baik dari jenis asuransi atau pun dari perusahaan itu sendiri. Tidak dapat dipungkiri bahwa ada perusahaan yang mampu melakukan proses klaim dalam waktu singkat dan ada pula yang melakukan proses dalam waktu yang cukup lama.